Tuesday, April 19, 2016

When in Rome

Rome adalah kota persingahan terakhir kita di Italy. And as we head to Rome, we are ready to be extra careful. Kenapa? ya itu di takut2in orang yang padahal belum pernah kesini sama sekali. Berangkat dari Florence sekitar jam 10 dan kita tiba di Roma Termini train station menjelang jam makan siang. This station again is very packed and many people go in and out from the train. Di kota ini saya memang mencoba untuk avoiding the hassle, so again dari pada nyari2 alamat hotel dan musti jalan lagi, saya sengaja mencari hotel sedekat mungkin. Dan ternyata find out that hotel tempat kita menginap sangat strategis. Oh ya kita menginap di Best Western Hotel Royal Santina. Sepertinya ada dua best western di kota ini, satu lagi saya lupa letaknya di mana, tapi yang jelas bukan di Termini. And if you are planning to stay here, choose the one which near the Termini station, which is the Royal Santina. Hotelnya tinggal ngesot dari station bok! Cari pintu keluar ke arah Marsala, turn left, walk 2 mins, nyebrang, sampe deh!. Walaupun letaknya berdekatan dari Station, hotel ini bisa dibilang cukup nyaman dan tidak berisik,, and still safe. Oh ya dapet breakfast pulak.






Rome memang berbeda dari kota lain yang saya kunjungi di Italy. Disini terlihat memang sedikit lebih kumuh dan kotor. Banyak homeless di pusat kota, terutama di station dan sekitarnya. Tapi bukan berarti ga bagus. Rome menyajikan gaya classic dengan bangunan2 bersejerah yang megah. Sebut saja The Colosseum. Tempat bersejarah yang merupakan arena pertunjukkan Gladiator ini banyak sekali di kunjungi turis. Hati-hati banyak yang jualan tongsis maksa. Bangunan ini sangat megah dari luar. Sayang kita ga sempet masuk ke dalem. Better kalau mau masuk beli ticket online dulu deh. Nah bisa juga lihat reruntuhan kota Roma yang dibiarkan menjadi salah satu tourist attraction di kota ini. Some said, Rome wasn't build in a day. Well this is it.






Di kota Rome inilah kedua kalinya kita menggunakan bis Hop on Hop off, yeahhhh hidup tourist main stream. Bukannya begitu! (sok pembelan) hehehe. Saking strategisnya, di depan hotel kita ada bus stop khusus untuk Bus ke airport dan Bus sightseeing hop on hop off. Dan untuk menguragi keribetan di kota roma (karena emang males mikir) makanya kita pilih naik ini. Save time, but surely won't save cost hahaha. Tapi dengan begini, kita jadi lihat banyak main attraction seperti Spanish step, Piazza Venezia, feel the ambiance of the city dan sampai ke Vatican. Kita beli ticket Hop Hop bus ini yang 24 jam, yang berlaku sampai hari berikutnya on the same time we buy.









After stopping at Colosseum, we then walk heading to Circo Massimo, where the next bus stop located. Nah kalau tempat ini, dulu katanya bekas tempat balapan kuda di masa romawi. Sekarang jadi semacam taman di tengah kota. Dan perjalanan kami pun di lanjutkan ke Trevi Fountain. Ini air mancur yang terkenal itu loh. Yang kalau kita lempar coin ke air mancur ini, katanya kita suatu saat bisa balik lagi ke Rome. Yah, kaya di film When in Rome. Too bad, this place is so freaking crowded. Isinya lautan manusia semua, sampai ga bisa ngebedain mana yang orang baik, mana yang mau nyopet. Mau foto juga susah saking banyaknya orang.



Akhir perjalanan kita di Italy usai sudah, as we head to Fiumicino airport. We taking the bus instead of train. Bosen naik kereta mulu. Naik bus dari depan hotel, dan perjalanan sekitar 1 jam-an. So overall, Italy was incredible and i'm thankful to make my journey here.





 


Best Western Hotel Royal Santina
Via Marsala, 22, 00185 Roma, Italia
+39 06 448751 

No comments: