Thursday, April 7, 2016

Milano Centrale

Yes we finally arrived in Milan.

In front of Milano Centrale station

If you are interested to go on Hop on Hop off bus (i guess you don't hehehe...), the bus stop will be just across the station. Very easy to find. The price for one day pass is Euro 20 / pax



Beda seperti Paris atau London, Italy adalah negara yang belum pernah gue kunjungi sebelumnya, so this is the first time. 

Jauh sebelum kita pergi, banyak banget orang yang dengan sok taunya nakut2in kalau Italy itu banyak copet lah, banyak scam lah. Even orang yg belum pernah kesana aja bisa2 loh komentarin di instagram, awas banyak copet. Semua ktanya, katanya dan katanya. Ok, thanks for your information yang cukup bikin gue parno setengah mati.

After Paris, we took night train to Milan. Awalnya sih karena mau saving cost. Agak sedikit kurang nyaman, karena kita dapet couchette yang isinya ber 4, but that's experience is for. Dan Karena perjalanan juga di malam hari, jadi di kereta cuma tinggal tidur aja, bangun2 uda jam 4 pagi and we arrived at Milano Centrale 6:00 am, mendung, foggy dan masih gelap. 
For me getting accommodation near to the main station is essential, walaupun harganya bisa sedikit lebih mahal, tapi menurut gue time saving. Dan biasanya reachable ke berbagai destinasi dan gampang ke main attractionnya. Atau bisa juga cari hostel yang letaknya ga jauh dari station, if you go for more cost saving. We stay at Aosta Hotel, yang cuma tinggal nyebrang dari station, jalan ga lebih dari 3 menit. Deket banget lah pokoknya. Description as below.


07:00 am in Milan, still very cloudy and foggy. This is view from Mini Aosta hotel lobby. Very near from Milano Centrale station. Just take the left exit and cross the street, no longer than 3 minutes

Around Piazza Duca d Aosta


Getting around di Milan bisa by Metro or bus or even tram. Metro line di Milan, gue lihat sih ga terlalu complicated, dan ga terlalu banyak. Tapi karena this is our first time, dan kita capek, aslik capek banget, and avoiding underground activities yang katanya serem dan banyak pick pocket, jadilah pilahan jatuh ke HOP ON HOP OFF. Maafkan aku, dulu gue paling anti naik beginian, tapi apa boleh buat. But, ternyata ga disangka it turns out to be very enjoyable loh. Sambil duduk di atas bus terbuka lihat2 kota Milan, sambil dengerin guide, bisa turun dan naik sesuka kita di stop mana saja. Itung2 sembari istirahat juga. *Dasar Jompo*. Buat yang ga mau repot dan males mikir, boleh lah sight seeing ala ala orang tua macam begini. 
Hop on Hop off busnya juga ada beberapa line, dan salah satunya bisa sampai ke stadion Milan. Sayangnya hop hop bus jurusan tersebut hanya ada on the weekend. 



Our first stop should be no other than the famous Piazza Del Duomo, yang bersebelahan dengan one of the finest shopping area Galleria Vittorio Emanuele. Mampir ke Ferrari Store, then lanjut ke Sforza Castle, masih naik hop hop and last to Parco Sempione. Parco Sempione itu semacam park, dan gue suka banget dengan area surroundingnya. More quiet and seems not too many tourist there. 

Milan Cathedral, Duomo di Milano




Inside Galleria Vittorio Emanuele II. You can see the sign of Prada and Louis Vuitton. Happy shopping!! hehehe

Inside the Ferrari Store. You can also experience driving formula one, with the cost of Euro 25

Piazza Del Duomo is the main attraction in Milan. Ada cathedral yang megah dan bersebelahan dengan pusat perbelanjaan yang mostly branded. Nah memang bener disini harus extra hati-hati, karena banyaknya orang. Dan biasanya yang namanya tourist kan selalu jadi inceran. Always be careful dengan mereka yang nawarin selfie stick atau yang nawarin friendship bracelet karena suka maksa. Jadi be cautious, but try to enjoy.  Untungnya sekarang sudah banyak pengamanan dan polisi di pusat tourist, tapi tetep harus jaga diri. Nah kalau mau naik metro, station yang terdekat adalah station Duomo dan jalan deh dari situ.
Ada juga Teatro alla Scala yang letaknya berdeketan. Its opera house in Milan yang di dirikan pada tahun 1778. You can always go inside if you want. Oh ya kalau sudah jelas mau masuk inside the attraction biasakan beli ticket online. Selain menghemat waktu karena antrian yang panjang, biasanya beli online suka ada promo dan bisa lebih murah.

My first impression in Milan was actually not as scary as thought. In fact lebih menyenangkan dari yang gue bayangkan.Yang tadi ga berniat ke Castello Sforzesco, karena ketakuan baca review yang bilang "be careful" dan banyak banget tukang jualan maksa, akhirnya dengan bus Hop Hop itu kita ke sana juga. Because we thought it wasn't scary as people talked about, so sayang aja kalau ga mampir ke sana. Castello Sforzesco letaknya memang agak jauh dari Duomo, jadi engga yah kalau harus jalan ke sana. Nah kalau tidak terlalu lelah, dari Castello Sforzesco, bisa jalan menelusuri castle hingga sampai ke taman Parco Sempione. Nice view!

Castello Sforzesco. Beware with people selling selfie stick




Place to eat or have a cup of coffee inside the Castello Sforzesco

 
I guess Milan wasn't bad after all and wasn't that scary. You just have to be careful in where ever place you visit and try to experience the city, and off course enjoy. It will be worth it!

Mini Hotel Aosta
Piazza Duca d'Aosta, 16, 20124 Milano, Italy

No comments: